Selasa, 27 Agustus 2013

Pulau Karimun Jawa

karimun jawa
Lingkungan ekologi di pulau karimun jawa hingga kini relatif masih terjaga, karena dari 27 pulau di kepulauan Karimunjawa hanya lima yang berpenghuni, sedangkan 22 pulau lainnya masih asli, asri dan perawan. Pulau-pulau yang dihuni adalah Pulau Karimun jawa, Kemujan, Nyamuk, Parang, dan Genting.


Melihat pesona, panorama, serta kekayaan alam yang dimiliki Kepulauan Karimun jawa, sejak 15 Maret 2001 Karimun jawa indonesia telah ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten Jepara sebagai Taman Nasional demi melindungi kekayaan alam terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai, dan fauna laut kepualaun itu. 

Beberapa spesies langka yang hidup nyaman di Kepulauan Karimun jawa, diantaranya elang laut dada putih, penyu sisik, dan penyu hijau, serta sekitar 242 jenis ikan hias.


Meski tak terlalu besar, Alun-alun karimun yang berada di dekat laut menjadi tempat utama warga untuk beranjangsana, duduk di bawah Pohon Kenari sambil berbincang atau mengawasi anak-anak bermain bola dan bersepeda. Tak berapa jauh di sebelah barat, terdapat sebuah dermaga nelayan. Duduk santai di atas perahu yang tertambat sambil menikmati lautan tenang yang membentang di hadapan terasa sangat menenangkan. Ketika senja tiba dan langit perlahan berubah jingga, sinar terang sang surya mulai mereda untuk kemudian turun dan menghilang di balik cakrawala. Wow, keindahannya sulit diungkapkan dengan kata-kata.

Saat malam tiba, Alun-alun kembali menjadi pusat kehidupan warga. Berbagai warung yang menjual kuliner khas pulau Karimun dipenuhi oleh penduduk setempat dan juga para wisatawan. Mampir di kompleks toko souvenir menjadi alternatif untuk berburu oleh-oleh. Berbagai gantungan kunci, gelang kayu stigi dan kalimasada, kaos, hingga ikan asin dan rumput laut kering dijual disini. 

Tak afdol rasanya jika berkunjung ketempat baru tidak menyempatkan untuk menikmati lezatnya kuliner khas daerah setempat tersebut. 

Di pulau karimun jawa ada beberapa kuliner khasnya yang pastinya berbahan dasar makhluk hidup laut. Beberapa yang menjadi favorit di pulau karimun adalah :


  1. Siomay Karimun jawa memberikan warna tersendiri di tengah kuliner Karimun yang didominasi oleh berbagai jenis makanan berbahan dasar ikan. Siomay ikan tengirinya begitu terasa, dipadu dengan saus kacang dan sambal cabai mentah yang memberi kejutan.
  2. Aneka rupa macam jenis kerang rebus yang segar dan murah
  3. Pindang serani, hidangan khas ini adalah olahan ikan laut yang berkuah dengan citarasa asam, pedas dan segar menggoda nafsu makan anda.
  4. Ikan bakar serepeh, ikan bakar yang fresh membuat hidangan ini terasa berbeda dan lebih istimewa.

1 komentar: