Selasa, 29 Oktober 2013

Karimun Jawa Semarang

karimun jawa
Karimun jawa, Tidak hanya keindahan laut dan bawah lautnya yang mempesona dipulau ujung jepara yang bisa ditempuh melalui jalur  karimunjawa semarang. Barisan pegunungan hijau berdiri kokoh di tengah pulau. Merupakan hutan hujan tropis dataran rendah, pegunungan ini adalah habitat dari rusa, puluhan jenis burung, monyet ekor panjang, dan berbagai jenis hewan lainnya.
Pohon Dewadaru (Mesua ferrea L), pohon khas karimun jawa yang dianggap keramat oleh penduduk setempat juga tumbuh dengan suburnya di hutan ini. Jalur trekking yang cukup menantang menjadi daya tarik tersendiri bagi yang memiliki jiwa petualang. Menunggu terbitnya mentari dari atas bukit atau turun hingga ke pantai-pantai perawan nan indah di sebelah timur pulau sangat layak untuk dicoba.

Taman Nasional Karimun jawa merupakan Kawasan Pelestarian Alam dengan tingkat keanekaragaman hayati yang tinggi serta mewakili ekosistem pantai utara jawa Tengah. 


Ditetapkan sebagai Taman Nasional melalui Surat Keputusan Menteri Kehutanan No.78/Kpts-II/1999 seluas 111.625 ha yang meliputi 110.117,30 ha kawasan perairan dan 1.507,70 ha kawasan darat. Taman Nasional Karimun jawa terdiri dari 22 pulau dan memiliki lima tipe ekosistem yaitu terumbu karang, padang lamun dan rumput laut, hutan mangrove, hutan pantai, serta hutan hujan tropis dataran rendah, merupakan habitat dari berbagai flora khas seperti Dewadaru (Fragaea fagran), Kalimasada (Cordia subcordata), Setigi (Pemphis acudula) dan fauna yang dilindungi seperti Penyu hijau (Chelonia mydas), Penyu Sisik (Eretmochelys imbricata), Junai Emas (Caloenas nicobarica), dan Keong Gelung (Nautilus pompillus). Karimun jawa semarang melalui pelabuhan Tanjung Mas semarang menuju kepulauan karimun jawa dengan kapal cepat KMC Kartini yang lebih cepat dibandingkan dengan kapal Muria. Dengan waktu 3.5 jam sedangkan jika menggunakan kapal muria dari pelabuhan kartini ditempuh dengan waktu 6 jam. 

Di karimun jawa semarang, selain agenda utama untuk menikmati laut dan keindahan bawah lautnya, 


Jika masih ada waktu anda bisa menyewa Mountain Bike untuk berpetualang dengan cara yang lain dan menjadi salah satu favorit kendaraan untuk menjelajahi mainland. Namun bila ingin mengayuh sepeda keluar dari desa, Anda harus menyiapkan energi ekstra karena jalanan baik turun khas perbukitan.

1 komentar: